Tips Menjadi Mahasiswa DKV

80 komentar
Imajinasi dibutuhkan oleh mahasiswa DKV

Terdampar di perguruan tinggi tidak terkenal membuat Anni3 menyadari bahwa banyak orang yang masuk jurusan DKV tanpa tahu bagaimana sebenarnya dunia DKV itu. Tanpa bermaksud menggurui nih, Anni3 punya tips bagaimana agar kita menjadi mahasiswa dan mahasiswi DKV yang dekave getoh!

Untuk kalian yang memang sudah niat masuk jurusan DKV dari awal, pasti tahu tips-tips di bawah ini. Jadi ini sebagai pengingat saja. Tapi untuk kalian yang masuk jurusan DKV karena terdampar, wajib baca! Serius!

Tips #1: Jangan Jawab Sepatu Saat Ditanya Alas Kaki

Maksudnya adalah, think out of the box, jangan berpikir dengan pola pikir orang pada umumnya. Kita kan mau masuk industri kreatif, jadi harus dibiasakan berpikir kreatif. Ini adalah modal utama kita agar bisa selamat dalam badai cetar membahananya kuliah DKV.

Saat pertama kali masuk jurusan DKV, biasanya dosen suka memberikan pertanyaan semacam “gambarlah alas kaki” (oke, ini memang bukan pertanyaan, tapi kamu tahu maksud Anni3). Kalau kalian pikir dosen menyuruh ini untuk melihat seberapa hebat skill kamu dalam menggambar sepatu, maka kamu salah besar. Ini sebenarnya adalah salah satu tes untuk melihat seberapa kreatif dan imajinatifnya kamu dalam mendefinisikan kata “alas kaki”. Jadi, alih-alih menggambar sepatu, gambarlah karpet Aladin (serius!).

Tapi kalau dosen menyuruh kalian menggambar sepatu, ya gambarlah sepatu.

Tips #2: Jangan Pikirkan Tugas, Kerjakan!

Ini maksudnya bukan kita mengerjakan tugas tanpa berpikir (setiap karya kan harus ada dasar pikirannya), tapi kita jangan sampai tenggelam dalam memikirkan tumpukan tugas tanpa ada tindak lanjutnya. Banyak teman Anni3 yang berkata “duh, kepikiran tugas” tapi tidak kunjung dikerjakan.

Kerjakan! Serius, kerjakan! Kalau bisa, setelah diberi tugas langsung asistensi, dan setelah di-acc, langsung buat karyanya. Anni3 tahu tugas kuliah DKV itu benar-benar luar binasa, seminggu bisa ada 4-5 tugas yang deadline-nya berdekatan. Anni3 mengerti kok, sungguh! Anni3 kan mahasiswi DKV juga, jadi Anni3 tahu bagaimana perasaan kalian semua. _(:3

Nah, bagaimana kalau teman kita malah santai-santai saja? Biarkan saja. Kalau kita sudah selesai kan kita jadi lebih tenang. Kita malah bisa bantu mengerjakan tugas teman-teman kita, bantu mengerjakan tugas gebetan kita, bukankah ini lebih membantu daripada ‘bersama-sama dikejar deadline’? Selain itu, sembari membantu teman, kita juga bisa menyempurnakan tugas milik kita agar lebih kece saat dikumpulkan. Nah, kalau ternyata nilai tugas teman yang kita bantu lebih besar dari nilai tugas kita bagaimana? Tidak perlu kecewa. Tugas mereka kan tidak akan selesai tanpa campur tangan kita. Ini juga bagus untuk meningkatkan pamor di mata gebetan.

Bersabarlah mahasiswa mahasiswi DKV! Semua tugas ini, semua deadline ini, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melatih kita agar menjadi desainer dan artist yang tahan di segala cuaca. Ingatlah mengapa kita di sini! Ingatlah bahwa kita di sini adalah untuk mengejar cita-cita kita, menggenapkan passion kita, dan menjadi desainer dan artist yang mampu mengubah dunia! YEAH!

Dan untuk mereka yang masuk jurusan DKV karena terdampar dan masih merasa begitu, selamat menikmati! >:)

Tips #3: Rajin Gaul. Serius! Rajin Gaul

Bukanlah calon desainer kece kalau saat ditanya tentang apa itu DKV saja masih belepotan. Kasus yang sering Anni3 lihat adalah banyak mahasiswa baru DKV yang punya penyanyi favorit tapi tidak punya desainer atau artist favorit! Boro-boro favorit, menyebutkan satu nama saja tidak bisa, sodara-sodara!

Kita harus rajin bergaul dengan desainer dan artist lain, baik di dunia nyata maupun di dunia maya agar selalu up to date. Ikuti mereka yang kita sukai karyanya, berteman, buka koneksi, berpartisipasi, kita tidak akan menyangka saat salah satu dari orang-orang ini menawarimu kesempatan yang mungkin tidak akan datang dua kali. Selain itu, mereka juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk tugas kita. Inspirasi memang tidak bisa ditebak darimana asalnya, tapi bukan berarti kita hanya duduk dan menunggu inspirasi datang, kan?

***

Anni3 menulis ini bukan berarti Anni3 sudah menjadi mahasiswi DKV yang sempurna. Tapi ini akan menjadi pengingat bagi Anni3, sama halnya seperti kalian yang sedang Anni3 ingatkan. Semoga kita bisa menjadi desainer dan artist seperti yang kita inginkan, amin!

Kalian juga bisa berteman dengan Anni3. Follow Anni3 di Facebook, Twitter, atau mulailah bookmark blog Anni3 dan rajinlah berkomentar di sini. Jangan anonim ya, plis… TvT

80 komentar:

  1. tipsnya bagus kk !

    kayanya kk ada gbetan di kampus yaaa ?? kalo gtu selamat naikin pamor kk !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, kakak ada line/bbm ngga? Pengen tanya lebih dalem ni soal dkv hehehe

      Hapus
  2. ka, mending mana ga jago2 amat dalam hal gambar tp rajin ngerjain tugas atau jago tp nganggap remeh tugas2 dkv

    BalasHapus
    Balasan
    1. DKV nggak cuma gambar-gambar doang. DKV juga nggak ngerjain tugas doang. Yah... jujur Anni3 lebih condong ke opsi pertama, soalnya sejago-jagonya kamu pasti masih banyak yang lebih jago dari kamu. Tapi kenapa harus stuck ke dua opsi aja kalau bisa bikin opsi baru?

      Hapus
    2. tugas nya apaan aja tuh ka?

      Hapus
    3. *terlalubanyakuntukdisebutkan*

      Biasanya sih awal-awal masih manual, makin kesana makin banyak main digital. Tugas... hhmm... nirmana dan gambar-gambar di awal, kemudian tipografi, ilustrasi, fotografi, kemudian tambah lagi audio visual dan grafika dan yang lainnya, dan teorinya juga :v

      Hapus
  3. Kak anni mahasiswi telkom kah?
    Aku tahun ini keterima di stisi jurusan dkv dan aku takut kak..
    Help me T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa takut? DKV asik lho! Nggak bikin bete, cuma bikin orang pengen lompat ke sungai *lho?*.

      Hapus
    2. Waduuh..
      (- -")
      Sya sdh keterima juga d Stisi jurusan DKV...

      Hapus
    3. Lompat ke sungai yaa... aku pengennya jurang aja biar gak ketemu deadline ato tugas2 lagi....

      Hapus
  4. wuaah... terimakasih sudah mengingatkan.. NgEnA bgt dheeehh.... ~'~

    BalasHapus
  5. Kk aku juga mahasiswi baru jurusan dkv, aku pengen masuk dkv, tapi aku juga ga terlalu bisa gambar dan ga terlalu kreatif kk. Menurut kk apakah saya akan berhasil dalam dunia dkv? Sejujurnya saya takut juga, apalagi dalam dunia DKV kan membutuhkan krativitas. Tolong bantu kasih pendapat atau saran ya kak. TT^TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah... DKV nggak cuma menggambar, say. Berpikir kreatif juga bisa dilatih kok. Berhasil tidaknya seorang desainer/artist itu dipengaruhi banyak faktor lho.

      Kalau masih ada waktu sebelum kuliah, kamu coba deh baca-baca tentang DKV, terutama tentang bidang yang nantinya bakal jadi fokus kamu. Kayak Anni3 kan (maunya) fokus ke GUI, jadi suka baca-baca tentang itu.

      s e m a n g a t !

      Hapus
    2. Graphic User Interface... antamuka grafis :3

      Hapus
  6. tuh kan... ane dapet banyak info lagi dari kakak ini.... nice share ya kak.... update lagi dah....

    BalasHapus
  7. ka tes masuk jurusan DKV harus bisa gambar manual pke tangan kah??apakah penting tes gambar manual nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus bisa, tapi nggak harus jago.

      Tes gambar itu penting, tapi bukan untuk melihat seberapa jago skill gambar kamu melainkan untuk melihat sekreatif apa kamu. :3

      Hapus
  8. kalo buat kita yg mainnya pake mood gmna kak ? kalo mood jadi , tp kalo gak mood, jauh dari kata jadi. terus mesti gmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliah DKV akan menempamu untuk tidak hanya mengandalkan mood... trust me :3

      Hapus
  9. ane kan blum kuliah *masih bimbang* , kalo lulusan dari dkv kerjanya apa y??

    BalasHapus
  10. o.o salam kak.. saya masih SMP3. .
    pengen masuk DKV.. kalo misalnya di tes..
    kan "Biasanya" d tes menggambar.. o.o saya ga punya self confident saya bisa gambar dengan " rapi " karena saya ga suka pake penggaris..
    apa mungkin gambarnya ini harus rapi .. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih untuk teknis gambarnya asal garisnya nggak tipis kayak sketsa, putus-putus, atau berserabut nggak masalah. Tapi sebenarnya yang paling penting itu ide gambarnya... iya kan? ^^

      Hapus
  11. Tulisan di blognya kakak keren...
    Perasaan kakak waktu pertama kali jd mahasiswa DKV itu gimana sih??

    BalasHapus
  12. ak dlu masuk DKV tp transfer ke TI, DKV berat bgt,, sama beratnya kyk TI, klo DKV itu butuh otak + tenaga + uang (untuk pameran , percetakan , tugas dll) klo TI, otak, uang (beli laptop spek gede = ga menuntut juga si, ntar jg di uninstall bs programnya)
    DKV itu asik.. asik jg ngeluarin uaangnya , tp bener kok DKV itu asik.. emg harus bisa gambar sih, tp ga harus jago, bisa gambar aja cukup. dan harus rapi karyanya , ntar dpt nilai + , misal ada gambar yg ga di acc siap2 aja men-sketch gambar yg banyak biar dpt acc (ini yg bikin nguras otak , stres, sampe temenku ada yg mau nangis) , tp klo km niat masuk DKV, i know u can!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curahan hati tiap mahasiswa DKV... Anni3 pun setuju (y)

      Hapus
  13. hai kak Anni, aku masih kelas 2 SMA.. sepertinya sih tertarik dengan jurusan DKV, tapi masi butuh banyak info biar yakin bila itu emang pilihan hidup yang pas hehe, mohon bantuannya ya kak ^^ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anni3 akhir-akhir ini lebih sering aktif di Facebook. Kalau mau tanya-tanya di sana aja ya. Atau kalau mau lebih privat via email juga boleh ke anita at anni3.com :3

      Hapus
  14. ka mau tanya dong.. klo dkv itu tesnya slain disuruh gambar kira" yg dites apa lagi ya ka? makasih ka :D

    BalasHapus
  15. Saya sekarang kls 3 smp udah mau lulus, hobi saya menggambar tapi belum bisa gambar digital. Kira-kira bisa gk ya mau masuk DKV?? Masuk SMK jurusan mana??

    BalasHapus
  16. mbak anni3 aku pengen banget nih masuk jurusan DKV (target Fakultas) lah, denger-denger anak DKV itu cenderung bebas, bener gak? trus mbak sendiri di PTN mana?

    BalasHapus
  17. ahh.... pengen masuk DKV tapi gaptek (┛◉Д◉)┛┻━┻

    BalasHapus
  18. kak, ak kelas 3 Smk, bisa nggak si, masuk DKV??

    BalasHapus
  19. Kak skill apa aja sih yg dibutuhin buat masuk dkv? Harus jago kyk photoshop gitu2 ya?
    Oya sm minta alamat email kakak ya, pengen nanya2 nih
    Thankss:D

    BalasHapus
  20. kak mau nanya dong, aku kan smknya jurusan administrasi perkentoran itu pun karna di suruh orang tua, tapi aku kuliahnya pengen banget kuliah jurusan dkv/desain grafis, aku bisa kok ngegambar, tapi kalo aku masuk jurusan itu, aku cuma takut gak bisa ngembangin kreativitas aku, aku juga gak bisa make sofware yg kayak photoshop/corel draw gitu, minta sarannya kak? :(
    makasih :)

    BalasHapus
  21. Kakakkk ak mahasiswi baru tahun ini nihh. Dan ak salah satu mahasiswi yg terdampar. Kak, ak sama sekali gak ada kreatifnya, gak jago bgt gambar. Tapi ak suka bgt sama corel draw. Nyiksa bgt ya tugasnya? Aduhh ak takut nihhh :'(

    BalasHapus
  22. kak aku kan udah daftar dkv. aku gag pinter gambar tapi aku seneng desain(komputeran sih), dan mesti ada aja ide idenya. menurut kakak gimana?

    BalasHapus
  23. Gimana sih cara seleksi masuk DKV? Tes DKV nya sendiri modelnya kayak gimana. Kalau DKV di jadikan di pilihan SNMPTN tetap harus ikut ujian dari DKVnya gak? Terima kasih. Mohon penjelasannya:)

    BalasHapus
  24. Tips nya kecee . .
    sekalina mau nanya
    biasanya lulusan DKV setelah lulus kerjanya dimana yah yang direkomendasikan :)

    BalasHapus
  25. sory mau nanya soal tips#1 Jangan Jawab Sepatu Saat Ditanya Alas Kaki ?
    nah jika "si dosen" bertanya "alasan" ? mau di jawab apa ???

    blz ya tq .

    BalasHapus
  26. ijin copy artikel nya yaa, disertakan link pastinya

    BalasHapus
  27. kak saran dong tertarik banget sama dunia film,animasi gitu gitu tapi saya sendiri ga jago nggambar,malah bisa dikatakan tidak bisa. gimana dong?

    BalasHapus
  28. Kak' apa Jurusan DKV ini kita bisa menggambar dengan tangan atau menjadi disainer gitu kak' atau ngeditnya pakai PHOTOSHOP mohon di jawab :) ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjadi anak DKV itu unik..

      ada yg fokus jadi illustrator --> gambar karakter ilustrasi via manua/digital
      ada yg fokus jadi desainer --> perancang komunikasi periklanan, pemikir visual & manajemen bisnis dalam desain.
      ada yg fokus animasi, fokus videografi, fotografi, musik digital, editor, visual effect artis, desain web & interaktif...

      jadi setelah masuk DKV kamu harus tekuni satu sub bidang desain grafis yang menarik dimata kamu.

      Hapus
  29. Makasih yah tipsnya bermanfaat sekali, apalagi untuk saya yg baru mau masuk dunia DKV ini...
    Salam kenal

    Rezhawa

    BalasHapus
  30. Kak aku mau pengen masuk DKV tapi kemampuan gambarku sangat tidak bagus.

    Aku suka bidang cinematografi, solusinya kak.

    Apakah lanjut DKV atau pilih yang lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliah sinematografi saja kalau begitu biar lebih pas. :3

      Hapus
  31. Kak, aku pengen masuk DKV karna aku suka nggambar (manual), tapi nggambarnya pake warna gitu. Kalo nggambar yang pake penggaris (perspektif) aku kayaknya gak bisa dan aku gak suka karna gak ada warnanya. Gimana donk? Apa masih bisa ikutan jurusan ini?

    BalasHapus
  32. mau tanya nih, benarkah jurusan DKV itu untuk anak IPS? lalu bagaimana dengan nasib anak IPA?

    BalasHapus
  33. Kak aku tahun ini udah diterima kuliah masuk dkv. Tadinya sih masuk TI tapi takut gak kuat di mtknya jadi pindah ke dkv. Ya sedikit terdampar lah, tapi saya suka suka aja kedua jurusan ini. Saya udah di dkv nih ka tapi sya kalau gambar manuaal gak bagus bagus amat terus digital juga bisa ya dikit dikit doang. Saya takut di awal kuliah dapet tugas yang sya belum bisa dibidang itu ka. Tolong dong ka sarannya :)

    BalasHapus
  34. Kak, saya mau tanya nih..
    Sebelumnya, saya sebenarnya sudah kuliah di smt.3 di salah satu PTN di Kaltim. Tapi, setelah menjalani kuliah selama dua semester ini saya merasa nggak cocok dengan jurusan saya yang sekarang. Sejak saya bergabung di organisasi Pers kampus (posisi saya sebagai layouter/illustrator) disitu saya dikenalkan oleh senior saya tentang DKV. Saat itu pula saya sadar kalau minat saya yang sebenarnya adalah DKV :( *duh..... curhat*


    Saya suka menggambar manual sketsa manusia, berawal dari anime style.. sekarang saya lagi belajar menggambar realis. Untuk gambar benda saya sedang berusaha belajar. Dan, untuk digital.. saya juga sudah mencoba beberapa kali. Cukup capek karena mesti ngewarnain pake mouse, hufff..belum kesampaian punya pentab :"")

    Nah, rencananya tahun depan saya mau mencoba ikut ujian untuk masuk ke DKV kak.
    Saya mau tanya...
    Apa saja yang diujikan di tes masuk DKV?
    Sekilas saya lihat komen diatas katanya DKV banyak pengeluarannya ya kak, apa betul?
    Kalau boleh tau biaya kuliah di DKV termasuk *ehem* mahal gak sih kak?
    Fokus di DKV itu apa cuma menggambar saja kak? Kalau ada yang lain, apa?

    Tolong jawab ya kak, saya butuh banget refrerensi langsung dari anak DKV sendiri.
    Maaf saya banyak tanya. Soalnya saya sedang galau tingkat akut untuk lanjut kuliah dijurusan saya yang sekarang atau pindah T__T

    Email kakak apa ya? Jikalau saya mau tanya" lebih jauh soal DKV sama kakak, boleh gak? Hehehe.

    Maaf komen saya panjang.

    BalasHapus
  35. Kak mau Tanya , apa sih tes untuk masuk jurusan DKV ? Saya ini nggk pintar gambar di manual , tapi lumayan bisa gambar di media komputer . apalah saya mampu kak beraaing di jurusan ini ? Mohon penjelasannya Dan beserta apa saja syarat yang di butuhkan masuk jurusan DKV Dan tes masuk nya gimana ? Sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  36. memang kuliah dkv itu mahal ya?
    mohon dibalas yaa saya siswi kelas 3 sma 5 bln lagi UN... pleaseee
    atau minta alamat email nya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dewi kayaknya kalo mahal sih enggak sama aja kaya mata kuliah laen tpi tergantung sih.. cobak deh liat2 ato shering2 di google.. aku soalnya juga mau masuk sini tpi aku kurang bisa nggambar pengenya di cinematografi

      Hapus
  37. apakah yang buta menggambar seperti saya bisa masuk jurusan dkv? bukannya pas masuk jurusan di tes gambar dulu yaa? soalnya saya disuruh ortu masuk dkv, dan saya bilang "gak bisa gambar, gak ada bakat di gambar juga. gambar gunung sama rumah doang bisanya, kyk anak TK" terus kata ortu saya "yaa kan nanti diajari, kamu kan suka fotografi nah dkv kan ada konsentrasi fotografi.. daripada kamu masuk broadcast" gitu katanya

    nah untuk maalah ini gimana? bisa bantu? thanks=]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu dulu. Kamunya minat nggak? Kalau nggak minat, meskipun itu jurusan DKV yang kata orang paling kece juga bakal terasa neraka.

      Mantapkan hati dulu, ya!

      Hapus
  38. mautanya kak saya Minat di bidang Desain Digital + Video Maker dan Kreatif lain pokok nya digital.. Dan saya Ga Jago Gambar Manual gitu apakah saya bsa masuk DKV adakah anak DKV yg ga jago gambar manual gitu ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak harus jago, yang penting bisa gambar... bisa bertahan juga di tahun-tahun awal kuliah DKV.

      Hapus
  39. Klo mau masuk DKV, sekolah SMA/SMK plus itu harus jurusannya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada SMA/SMK jurusan tertentu untuk kuliah DKV, kecuali kalau kamu mau masuk DKV negeri berarti harus dilihat sesuai ketentuan SNMPTN-nya (dulu sih IPS, nggak tau kalau sekarang).

      Hapus
  40. Kak saya bsa gambar ga jago tpi lumayan , tpi ga klo design yg pke komputer ga bisa , terus rencana mau masuk dkv , itu gmana? :''''' takut stuck dan ga dpt ip bagus :'

    BalasHapus
  41. Bisa desain di komputer aja :v kalo dinyata pensil kurang bersahabat :v wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  42. kak..aku maunya.. emang bener butuh spek kompi yg gede? dan butuh kreatifitas yang bnyk?
    klo soal gambar aku bisa.. tpi jujur klo soal ide aku gk terlalubisa berimajinasi.. soalnya wlwpn gambar aku lumayan tpi aku sering "redraw" gambar org lain.. kira" saran kakak apa yah? :'> please bantu aku

    BalasHapus
  43. kak..aku maunya.. emang bener butuh spek kompi yg gede? dan butuh kreatifitas yang bnyk?
    klo soal gambar aku bisa.. tpi jujur klo soal ide aku gk terlalubisa berimajinasi.. soalnya wlwpn gambar aku lumayan tpi aku sering "redraw" gambar org lain.. kira" saran kakak apa yah? :'> please bantu aku

    BalasHapus
  44. Kak, d jurusan dkv itu tgasnya ada yg nggambar manusia ga?

    BalasHapus
  45. assalamualaikum
    KAK ada saran atau nasihat atau apalah buat yang minat/cita-cita pertama masuk DKV

    BalasHapus
  46. syarat" masuk DKV apa aja?apa harus jago mtk?taun ini mau lulus dan masih bimbang

    BalasHapus
  47. kak...portofolio snmptn dkv ada syaratnya kah?

    BalasHapus
  48. malasih kak, artikelnya sgt mmbntu...

    BalasHapus
  49. Dinio Davinsi14 April 2017 11.06

    teh, pengen masuk dunia DKV, tapi aku gaptek. baru belajar desain. tapi pengen masuk telkom jurusan DKV. gimana yah teh, dengan skill sekarang yang masih dibawah rata2. apa bisa sejajar ama yang udah mahir dasar2 desain? mohon sarannya

    BalasHapus
  50. kak aku pengen masuk dkv tapi skill gambar aku masih biasa2 aja/basic bgt,kira2 aku bakal kewalahan ga ya pas masuk dkv?

    BalasHapus
  51. Kk klo masuk dkv itu harus bisa gambar.....
    Mslahnya saya ga begitu bisa gambar :)

    BalasHapus