Soal Tes Masuk Kuliah DKV Tahun Ini

17 komentar
Soal Tes Masuk Kuliah DKV

Tes gambar tahun ini, tahun depan, tahun anu soalnya gimana? Akhir-akhir ini banyak pertanyaan sejenis yang muncul di inbox Anni3. Satu dua masih Anni3 balas. Tapi kalau kebanyakan, wah, repot juga. Jadi lebih baik Anni3 tulis di sini sekaligus membangkitkan kembali blog yang sudah debuan ini.

Anni3 tahu kamu pasti ingin yang terbaik, ingin masuk kuliah yang sesuai passion, hingga kamu mencari apapun yang bisa membantu kamu untuk lolos dalam tes-tesnya. Tapi ada dua hal penting yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk kuliah DKV. Apa saja itu?

Benarkah Passion Kamu DKV?

Jangan karena DKV lagi tren, semua yang berjudul "desain" dikaitkan dengan DKV. Apa yang sebenarnya kamu sukai? Kalau kamu suka mendesain baju, mungkin lebih baik kamu ke jurusan kriya tekstil, kecuali kalau kamu suka desain baju karakter buat animasi, film, atau game misalnya, mungkin lebih cocok ke jurusan DKV. Kalau kamu suka mendesain mobil misalnya, mungkin lebih baik kamu ke jurusan desain produk. Kalau kamu suka mendesain gedung, bisa ke jurusan arsitektur, dan kalau lebih suka mendesain interior ruangannya, bisa ke jurusan desain interior. Broadcasting? Langsung jurusan broadcasting saja.

DKV umumnya terbagi lagi menjadi desain grafis, multimedia, dan periklanan. Tiap perguruan tinggi punya kebijakan tentang lingkupnya, tapi sebagai referensi, di tempat kuliah Anni3, desain grafis memuat desain ilustrasi, branding, desain kemasan, VISUAL interface, dan hal-hal lain yang memerlukan desain tidak bergerak. Multimedia memuat desain game, animasi, dan film yang notabene bergerak. Periklanan memuat strategi-strategi marketing yang diaplikasikan dengan elemen-elemen visual. Dan manajemen desain memuat industri DKV dalam level manajerial. Lho, katanya cuma tiga? Yah, tempat kuliah Anni3 memang inginnya beda terus.

Jangan sampai termakan mitos-mitos DKV nyantai, DKV nggak ada itung-itungan, DKV bisa berekspresi semaunya, bla-bla-bla karena sekali lagi, itu semua hanya mitos. Bukti nyata? Cek DKVDaily.

Yakin Mau Kuliah DKV?

Yakinkah kamu MAU dipaksa kreatif sedemikian rupa, disuruh bikin ini itu, dikenalkan dengan berbagai media dan gaya, dijejalkan dengan berbagai teori dan sudut pandang? Sekali lagi, yakinkah kamu MAU untuk berubah? Karena kamu yang suka menggambar pasti akan disuruh menggambar dengan cara yang tidak kamu suka, karena kamu yang suka mendesain dengan gaya tertentu akan disuruh mendesain dengan gaya yang sama sekali bukan kamu. Karena kamu akan dibolak-balik, bukan hanya mental dan skill kamu, tapi juga pemikiran-pemikiran sempit kamu yang akan dibuka paksa. Dan setelah semua itu, nyatanya industri DKV bukan dunia yang mementingkan ijazah. Nggak penting kamu dari universitas bergengsi atau pinggiran karena yang penting adalah "kamu bisa apa?". Capek-capek kuliah tapi ijazahnya nggak dipake?

...

Jadi, tes gambar tahun ini, tahun depan, tahun anu soalnya gimana? Maaf Anni3 nggak tahu karena bukan Anni3 yang bikin soalnya. Tapi kalau kamu memang siap untuk kuliah DKV, harusnya pertanyaan semacam ini nggak perlu kamu tanyain, kan? :3

17 komentar:

  1. kalo boleh tau, pas kak Ani masuk DKV tes nya apa? dan kalo boleh, share dong hasil tes DKV kak Ani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anni3 tesnya sudah lama sekali, berupa tes gambar kreatif semacam ini, yang hasilnya saja sudah terlupakan. Maaf ya~

      Hapus
  2. Ada tips gak kak buat aku yang lemah di ide kreatif/konsep dan sering moody? :"3 ini mengganggu latihan ngambar soalnya orz

    Aku pengen banget bisa di DKV :"3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu sudah rajin latihan tapi masih suka stuck, perbanyak cari referensi. Referensi gambar, foto stock anatomi, anime, film, dst.

      Semangat!

      Hapus
  3. mantep aku juga skrg mau daftar di pts DKV ni ..soalnya dri kls 2 SMA ane udah tau kemampuan ane di bidang ini setelah melihat jurusan ini hehe

    BalasHapus
  4. assalamualaikum
    mbak anita, boleh minta email kah, ada banyak yg ingin aku tau dari mbak, kalo berkenan, tolong email azisjafarsidik@gmail.com
    termkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Email saja ke anita @ anni3.com~

      Hapus
  5. maaf kak mau tanya kalau masuk DKV itu bisa nggak kalau sma nya jurusannya ips :D ?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja, semua kan tergantung kemampuan ^^

      Hapus
  6. Mau nanya nih kak, buat masuk dkv itu nglewatin berapa tes ya? Trus faktor apa aja yg nentuin buat bisa masuk ke dkv

    BalasHapus
  7. Kak. Aku smk akuntansi tp mau masuk dkv. Bisa gak? Ato bidang study sebelumnya mempengaruhi. Kalo tesnya berhubungan ama materi desain aku ga tau apa2 soalnya. Tp aku suka banget gambar makanya mau masuk dkv. Sarannya dong kak.

    BalasHapus
  8. Ka aku pengen masuk DKV lumayan hobby gambar. Kira-kira kalo pengen jalur Smnptn persyaratan nya apa aja ya? Harus di sertain portopolio ga?

    BalasHapus
  9. kak, kalo tes sbm dkv soalnya kaya gimana ya? ada ujian praktek juga?

    BalasHapus
  10. Kak mau nanya, bs gak msuk dkv jurusanny ipa?
    Alat"ny ap aj utk jurusan dkv?

    BalasHapus
  11. Kak mau nanya, ada orang yg nanya nih "kalau mau masuk dkv tuh harus jago gambar ato gak?" terus ada yg jawab "sebenernya enggak, karena semua anak dkv nanti akan diajarkan dari 0 lagi,dari dasar lagi " tapi saya bingung nih, nanti kan ada tes gambar sebelum masuk dkv, kalau gak terlalu bisa gambar bagus gimana? Kira kira cara penilaian tes nya gimana?

    BalasHapus
  12. Salam kenal kk.
    Aku uyun, aku pingin masuk jurusan DKV tapi orang tua ku gak ngizinin katanya peluang kerjanya sedikit apalagi di kampungku.tolong kasih solusi dong kk

    BalasHapus
  13. Mba kalau test nya tuh apa aja mba nanti?

    BalasHapus